WASPADA DEMAM BERDARAH

Administrator 14 November 2018 10:04:45 WIB

 

KESEHATAN (SID) Dibalik rasa syukur musim hujan yang tengah berlangsung saat ini membuat masyarakat Desa Kemiri  harus lebih waspada terhadap kesehatan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Pada musim hujan ini dimungkinkan  adanya serangan demam berdarah, sehingga dibutuhkan langkah untuk pencegahan.

Penyakit demam berdarah adalah penyakit demam akut. Virus ini masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, misalnya Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Nyamuk ini dapat mengganggu sistem pembekuan darah dan pembuluh darah kapiler, sehingga dapat menyebabkan perdarahan.

Pada musim hujan populasi nyamuk demam berdarah meningkat karena banyaknya tempat berinduk Nyamuk Aedes Aegypti sehingga nyamuk Aedes Aegypti mudah berkembang, dan semakin potensial menggigit anak dan remaja sehingga akhirnya terjangkit demam berdarah.

Meski demikian, dengan kesadaran masyarakat  dapat dicegah jika kita bisa menutup sumber-sumber genangan air pada lingkungan rumah. Selain itu, menguras dan menyikat bak mandi dan menaburkan bubuk abate tempat yang ada genangan air.

Cepat menutup segala tempat penampungan air seusai hujan turun, lalu menguras dan menyikat bak mandi serta memberikan bubuk abate ke tempat-tempat yang menampung air gentong air, vas bunga, kolam, di sekitar tempat bermain anak.

Selain genangan air yang menjadi tempat berkembang biak, lingkungan kotor setelah banjir juga menjadi lingkungan favorit untuk  nyamuk.

“Pada  awal musim hujan  ini Pemerintah Desa  menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Desa Kemiri untuk bersama-sama melakukan pencegahan dilingkungan  masing-masing”. Ungkap Samidi selaku Kepala Desa. (gn)

 

Komentar atas WASPADA DEMAM BERDARAH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi KEMIRI

tampilkan dalam peta lebih besar